Cara meningkatkan penjualan

Cara Meningkatkan Penjualan ini Bisa Bikin Omset Melejit Drastis!

Aktivitas marketing banyak yang tidak memberikan hasil ke bisnis? Sudah investasi waktu, tenaga, dan uang tapi tetap saja tidak memberikan dampak ke penjualan? Ini cara meningkatkan penjualan yang wajib diterapkan di bisnis supaya customer ramai dan omset melejit tanpa perang harga!

Maunya sih punya omset tinggi, tapi…

Tak perlu diragukan lagi, tujuan utama bisnis adalah untuk mencapai omset yang sesuai atau bahkan melebihi target yang telah ditetapkan. Salah satu cara untuk mencapai target omset adalah dengan membuat aktivitas marketing yang efektif dan tidak terjebak dengan perang harga.

Pebisnis mati-matian membuat strategi agar penjualan meningkat yang menurut mereka tepat di bisnis. Mulai dari menggunakan strategi marketing offline hingga strategi marketing online.

Namun dari banyak cara yang diterapkan oleh pebisnis, tidak seluruhnya berhasil menarik calon customer ke bisnis. Kebanyakan yang terjadi adalah pebisnis malah terjebak dalam perang harga dengan kompetitor sehingga omset yang didapatkan sangat tipis bahkan tidak ada.

Tidak semua cara meningkatkan penjualan berjalan seperti harapan. Ada cara yang bisa membuahkan hasil, namun juga ada cara hanya menghabiskan waktu, tenaga, dan uang pebisnis semata.

Cara meningkatkan penjualan yang efektif di bisnis

Cara meningkatkan penjualan
Pebisnis mati-matian membuat strategi dan cara meningkatkan penjualan yang menurut mereka tepat di bisnis

World’s Top Certified Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, mengatakan bahwa ada 2 tipe cara yang dilakukan oleh pebisnis.

Kedua cara ini sangat bertolak belakang. Satu cara sangat efektif untuk emndatangkan customer beli di bisnis tanpa perang harga, satu cara lagi malah menjebak pebisnis dalam perang harga yang tidak ada akhirnya.

Baca juga:

Cara meningkatkan penjualan dengan functional benefit

2 tipe cara meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh pebisnis.
2 tipe cara meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh pebisnis

Cara meningkatkan penjualan yang paling sering dilakukan oleh pebisnis adalah dengan menjual functional benefit yaitu dengan menjual fungsi dari produk atau jasa yang dijual.

Mayoritasnya pebisnis terjebak dan sangat fokus pada cara meningkatkan penjualan ini dan menitikberatkan pada fungsi yang dimiliki oleh produk atau jasa yang mereka miliki.

Dampaknya adalah terjadi perang harga dengan kompetitor. Pebisnis hanya menjual fungsi barang atau jasa semata sehingga hal pertama yang akan ditangkap oleh customer adalah kenapa harus beli yang lebih mahal jika ada produk atau jasa lain dengan fungsi sama harga lebih murah.

Perang harga dengan kompetitor ini tiada habisnya. Fokus pada functional benefit tentunya sangat tidak efektif karena membuat pebisnis rugi.

“Bila customer fokus ke logika maka yang terjadi adalah perbandingan secara fungsional. Jika produk atau jasa Anda dilihat tidak memiliki perbedaan dengan produk atau jasa kompetitor Anda, maka bisa dipastikan satu-satunya yang dilihat oleh customer adalah harga. Maka terjadilah perang harga yang sangat tidak disukai oleh pebisnis.” jelas Coach Yohanes. 

Contoh meningkatkan omset dan penjualan dengan fokus pada functional benefit adalah pada bisnis jam tangan. Pebisnis yang menerapkan cara meningkatkan penjualan dengan fokus pada functional benefit akan mengkomunikasikan ke calon customer-nya fungsi dari jam tangan tersebut, seperti tahan air, daya tahan baterai yang lama, tidak mudah rusak, dan lainnya.

Apa akibatnya? Yang pertama di pikiran calon customer adalah tidak ada perbedaan antara jam tangan tersebut dengan yang dijual bisnis lain karena fungsinya sama saja. Buat apa membeli jam tangan dengan harga yang lebih mahal jika dengan harga yang lebih murah ia bisa mendapatkan jam tangan dengan fungsi yang sama.

Akhirnya yang pebisnis lakukan membuatnya terjebak dalam perang harga karena dibanding-bandingkan dengan kompetitor.

Cara meningkatkan penjualan dengan fokus ke emotional benefit

Cara meningkatkan penjualan dengan fokus pada functional benefit tentunya sangat tidak efektif karena membuat pebisnis rugi

Cara meningkatkan penjualan yang ampuh, efektif, dan diterapkan oleh bisnis sukses adalah dengan fokus menjual emotional benefit yaitu beyond what yang menyentuh ke hati customer.

“Bila kita fokus ke hati saat menjual produk atau jasa ke customer, maka yang terjadi adalah customer akan memikirkannya dengan hati dan logikanya akan menyesuaikan karena hatinya tersentuh. Bila sudah bicara tentang hati, maka harga kurang relevan lagi bahkan seringkali tidak relevan.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

“Contohnya adalah jam tangan Rolex, mereka tidak fokus ke functional benefit lagi melainkan ke emotional benefit. Rolex berbicara mengenai value, lifestyle, history, legacy dan personality yang menyentuh hati sehingga customer-lah yang akan menyesuaikan logikanya. Makanya harga Rolex ratusan miliar.” tambah Coach Yohanes G. Pauly.

Founder dan Master Coach di GRATYO® Practical Business Coaching ini menambahkan bahwa dengan fokus ke emotional benefit bukan berarti pebisnis mengabaikan functional benefit produk atau jasa.

Ia menekankan bahwa justru functional benefit produk atau jasa yang dijual haruslah bagus, jadi tidak perlu dibicarakan lagi. Bagaimana akan menjual emotional benefit produk atau jasa jika functional benefit-nya saja tidak bagus?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *