strategi pemasaran era digital

Pahami 3 Strategi Penting Sebelum Gunakan Jasa Digital Marketing agar Tidak Gagal dan Rugi

Jasa digital marketing tengah naik daun dan dicari oleh pebisnis yang merupakan dampak dari perkembangan tekonologi dan internet. Namun menggunakan jasa digital marketing juga tidak boleh sembarangan agar tidak beresiko gagal dan rugi. Simak 3 strategi yang harus pebisnis pahami sebelum gunakan jasa digital marketing!

Digital marketing: susah-susah gampang

Dunia marketing yang dulunya dikuasai oleh marketing offline seperti sebar brosur atau pamflet, pasang billboard, promosi live event dan strategi lainnya mulai beralih ke marketing online yang mengandalkan dunia digital dan internet.

Tak dapat dibantah bahwa marketing online bahkan memiliki dampak dan efektifitas yang relatif lebih besar dibandingkan marketing offline.

Strategi marketing offline yang menekankan pada media fisik yang nyata memiliki kelemahan besar pada skala cakupan wilayah yang sempit dan hanya bisa “menyergap” calon customer di waktu tertentu saja.

Sedangkan marketing online atau digital marketing memiliki jangkauan wilayah yang tak terbatas dan bisa “menyergap” calon customer kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Namun dibalik kelebihan yang dimiliki oleh digital marketing, tersimpan rahasia dan ilmu yang tidak dimengerti oleh semua pebisnis. Digital marketing sekilas terdengar simple dan gampang, namun pada kenyataannya sulit karena pebisnis harus berhadapan dengan mesin dan algoritma dunia digital yang mayoritasnya tidak dipaham pebisnis.

Jasa digital marketing

Jasa digital marketing lebih mudah dicari
Jasa digital marketing tak susah untuk dicari dan menawarkan banyak jenis strategi digital marketing

Karena minimnya pengetahuan dan pengalaman mengenai mesin dan algoritma dunia digital, banyak pebisnis yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa digital marketing.

Jasa digital marketing pun tak susah untuk dicari dan menawarkan banyak jenis strategi digital marketing. Pebisnis seakan mendapatkan angin baru dengan adanya jasa digital marketing yang akan membantu mereka untuk mendapatkan lebih banyak customer di bisnis.

Jenis jasa yang ditawarkan seperti social media activation, search engine optimizations, internet marketing, aplikasi bisnis, dan jenis jasa lainnya.

Tak semua bisa dilakukan

Pebisnislah yang seharusnya memimpin, memberikan instruksi dan arahan bagaimana digital marketing harus dilakukan

Pebisnis seringkali beranggapan untuk tinggal menunggu hasil jadi karena seluruh pekerjaan dilakukan oleh jasa digital marketing mulai dari pembuatan hingga eksekusi strategi.

Padahal sebenarnya jasa digital marketing tidaklah sepenuhnya bertugas dalam pembuatan strategi. Belum tentu mereka mengerti dalam membuat strategi digital marketing yang efektif karena yang mereka kuasai biasanya adalah teknis dalam pengerjaan dan eksekusi strategi tersebut di dunia digital.

Tentunya jasa digital marketing juga akan memberikan masukan atau feedback jika strategi yang dibuat oleh pebisnis tidak tajam dan kurang tepat, namun bukan berarti jasa digital marketing tersebut harus  membuat seluruh strategi dari nol.

Pebisnislah yang seharusnya memimpin, memberikan instruksi dan arahan bagaimana digital marketing harus dilakukan, apa target jelas yang ingin dicapai, siapa target spesifik dari strategi digital marketing.

Dengan adanya instruksi dan arahan dari pebisnis serta feedback maka akan terjalin harmonisasi dan komunikasi dua arah sehingga strategi digital marketing bisa berjalan efektif dan mendatangkan calon customer ke bisnis.

Tanpa adanya arahan dan instruksi dari pebisnis, tak jarang yang diterima oleh pebisnis adalah hasil yang jauh dibawah harapan. Sudah mengeluarkan uang banyak namun customer tetap tidak ada yang datang ke bisnis.

3 strategi yang harus dikuasai pebisnis sebelum gunakan jasa digital marketing

Pelajari 3 strategi dasar dunia digital marketing
3 strategi dasar dunia digital marketing yang harus dipahami

World’s Top Certified Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa sebelum menggunakan jasa digital marketing, pebisnis setidaknya harus paham dengan 3 strategi dasar dunia digital marketing.

Tentunya pebisnis tidak ingin menyewa jasa digital marketing mahal-mahal namun malah merugi dan tidak mendatangkan calon customer ke bisnis karena pebisnis tidak paham dengan dunia digital marketing.

3 strategi ini harus dikuasai oleh pebisnis agar bisa membuat strategi digital marketing yang praktis untuk mendatangkan calon customer

Existence

Strategi pertama yang harus diketahui oleh pebisnis adalah bisnis harus eksis di dunia digital.

“Bagaimana calon customer akan datang ke bisnis jika bisnisnya saja tidak eksis di dunia digital? Oleh karenanya tugas pertama yang harus dilakukan oleh pebisnis adalah memastikan bahwa bisnisnya hadir, eksis dan ada di dunia digital saat calon customer sedang mencari produk/jasa yang Anda jual di internet.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Pebisnis setidaknya harus memberikan beberapa arahan kepada jasa digital marketing seperti araham pertama adalah bisnis harus memiliki “rumah” di dunia digital.

Rumah yang dimaksudkan adalah tempat berkumpulnya seluruh informasi, produk dan jasa yang dijual seperti website, official account di sosial media, official account di e-commerce dan platform lainnya.

Arahan kedua adalah “rumah” yang dibuat harus disukai oleh mesin pencarian baik di Google, Youtube, sosial media, e-commerce, maupunplatform lainnya.

Selanjutnya “rumah” bisnis tersebut bisa berada pada halaman pencarian pertama di mesin pencarian. Misalnya saat calon customer mengetik “sepatu kerja wanita” maka “rumah” bisnis muncul di pencarian paling atas.

Interception

Strategi dalam digital marketing
Pebisnis harus paham bagaimana cara untuk bisa menarik perhatian calon customer terutama di tempat yang mereka sering singgah

Strategi kedua adalah interception atau intersepsi. Strategi digital marketing tak cukup hanya dengan eksis saja di internet. Pebisnis harus membuat strategi lanjutan bahwa tak hanya sekedar eksis namun bisa mencegat calon customer agar membeli di bisnis.

Digital marketing memberikan keuntungan untuk menjangkau calon customer kapan saja dan dimana saja tanpa ada batasan ruang dan waktu melalui kehadiran sosial media, portal berita, dan lainnya.

Oleh karena itu pebisnis harus paham bagaimana cara untuk bisa menarik perhatian calon customer terutama di tempat yang mereka sering singgah.

Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan pebisnis harus membuat strategi agar bisa menarik perhatian calon customer ditempat dimana mereka paling banyak berkumpul di dunia digital atau internet.

“Misalnya bisnis yang target market adalah anak muda usia 17-25 tahun mereka biasanya lebih banyak menghabiskan waktu di Instagram, maka jasa digital marketing dan pebisnis harus bisa menarik perhatian mereka di Instagram dengan membuat iklan misalnya.” jelasnya.

Baca juga:

Reltransion

Strategi ketiga yang harus dipahami oleh pebisnis adalah pebisnis harus tetap menjalin komunikasi dan hubungan dengan customer yang sudah beli di bisnis menggunakan digital marketing.

Tentunya setelah mendapatkan calon customer agar membeli di bisnis harapannya adalah transaksi tersebut tidak hanya terjadi satu kali saja, namun berkali-kali dan customer akan selalu datang membeli di bisnis.

Langkah agar customer datang kembali ke bisnis adalah dengan membangun hubungan melalui digital marketing. Sebagai contoh pebisnis bisa menggunakan email marketing sebagai sarana strategi ini.

Coach Yohanes G. Pauly yang juga merupakan Founder dan Master Coach di GRATYO® Practical Business Coaching menjelaskan bahwa pebisnis bisa memberikan arahan kepada jasa digital marketing untuk membuat platform yang cocok untuk melakukan email marketing sedangkan konten email marketing dibuat oleh  pebisnis sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *