Rahasia Rekrut Karyawan agar Bekerja Maksimal!

Jika pemilik bisnis tidak tahu rahasia rekrut karyawan agar bekerja maksimal, maka beresiko akan sering sekali makan hati dengan kinerja karyawan! Pebisnis, tahukah Anda bahwa salah Nah, bagaimana rahasia rekrut karyawan agar karyawan yang direkrut berkualitas tinggi dan bekerja maksimal?

Salah rekrut

Pebisnis,dalam sehari seberapa sering Anda makan hati karena kinerja karyawan Anda? Berapa kali Anda harus menghela nafas panjang karena kinerja karyawan tidak sesuai harapan? Seberapa besar kerugian bisnis Anda karena kinerja karyawan tidak mencapai target?

Anda selalu  berharap agar karyawan bekerja optimal tapi ujung-ujungnya Anda lagi yang kerja, Anda lagi yang melayani customer, Anda yang mengerjakan seluruh pekerjaan karena karyawan tidak bekerja dengan optimal.

Padahal Anda sudah menghabiskan biaya yang tidak sedikit dari awal proses rekrut karyawan dan bekerjasama dengan lembaga penyalur karyawan.

Anda sudah melakukan interview dan memberikan pertanyaan detail saat rekrut karyawan. Namun tetap saja hasil rekrut karyawan yang dilakukan tidak memberikan Anda karyawan yang berkualitas.

Rahasia rekrut karyawan agar bekerja optimal

Rahasia rekrut karyawan oleh Coach Yohanes G. Pauly
Rahasia dalam melakukan rekrut karyawan adalah merekrut orang yang tepat, menempatkannya di tempat yang tepat dan pada saat yang tepat

Tahukah Anda rahasia rekrut karyawan agar karyawan bekerja optimal?

Rahasia dalam melakukan rekrut karyawan adalah merekrut orang yang tepat, menempatkannya di tempat yang tepat dan pada saat yang tepat

Coach Yohanes G. Pauly yang merupakan World’s Top Certified Business Coach mengatakan bahwa  jika pebisnis ingin membangun SuperTEAM di bisnis dengan karyawan bekerja optimal, pebisnis harus memahami 4 karakter khusus saat rekrut karyawan.

Dominance (D)

Karakter D memiliki inisiatif tinggi untuk melakukan sesuatu, aktif dan berani untuk mengambil resiko.

Jika diibaratkan makan siang di kantor, karakter D akan langsung ke kantin, memesan makanan ke pelayan, memberikan instruksi apa yang tidak dingiinkannya di makanannya.

Setelah makanan yang dipesan datang, karakter D akan langsung makan tanpa peduli bahwa ia satu-satunya pelanggan yang makan seorang diri saat makan siang.

Sedangkan untuk di dunia bisnis karakter dominan rata-rata berada di posisi leader, supervisor, manager dan posisi sentral lainnya.

Jika ingin rekrut karyawan yang punya inisiatif tinggi maka orang tipikal D inilah yang harus direkrut!

Influence (I)

Karakter karyawan
Kekurangan karakter I adalah cenderung sensitif dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Karakter ini memiliki komunikasi yang bagus, mampu memengaruhi orang lain dan memiliki kepribadian yang hangat. Kekurangan karakter I adalah cenderung sensitif dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Jika diibaratkan makan siang di kantor, karakter I akan membujuk teman-temannya untuk makan bersama.

Saat memesan makanan, karakter I akan merekomendasikan makanan favorit yang sering dibelinya. Saat makanan datang, karakter I akan makan sambil mengobrol. Karakter I akan merasa sedih jika ia makan seorang diri.

Coach Yohanes G. Pauly mencontohkan mayoritasnya karakter I jika dipaksakan untuk masuk ke 1 bagian bisnis, maka karakter I biasanya di bagian marketing & sales.

Jika pebisnis ingin rekrut karyawan yang bisa komunikasi dengan baik, mahir dalam mempengaruhi orang lain, maka karakter I ini lah yang harus direkrut!

Baca juga:

Steadiness (S)

Rahasia rekrut karyawan
Kekurangan karakter S adalah tidak mudah menerima perubahan dengan cepat

Coach Yohanes G. Pauly yang juga merupakan Founder & Master Coach di GRATYO® Practical Business Coaching menjelaskan bahwa karakter S sangat tenang, menyukai segala sesuatu yang harmonis, loyal dan cenderung tertutup.

Kekurangan karakter S adalah tidak mudah menerima perubahan dengan cepat.

Jika diibaratkan makan siang di kantor, karakter S tidak akan berinisiatif mencoba ke kantin baru jika tidak diajak oleh karakter I.

Karakter S akan mempelajari menu makanan yang disediakan karena baru pertama kali datang ke restoran tersebut. Saat makanan datang, karakter S akan ragu-ragu saat akan makan karena makanannya berbeda dari yang biasanya.

Sedangkan untuk dunia bisnis, karakter S jika dipaksakan untuk masuk ke 1 bagian saja, maka karakter S biasanya di bagian Human Capital karena cenderung lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, harmonis dan loyal.

Tentunya pebisnis tidak akan rekrut karyawan yang cenderung mendengarkan di bagian sales, bukan?

Compliance (C)

Rekrut karyawan berdasarkan karakter
karakter C jika dipaksakan untuk masuk ke 1 bagian saja maka karakter C bisa dibagian finance & accounting karena sangat teliti dan teratur mengikuti prosedur

Karakter C adalah cermat dan sangat fokus ke tugas. Karakter C sangat teliti, detail dan mengikuti seluruh prosedur. Kekurangan karakter C adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengambil keputusan.

Jika diibaratkan makan siang di kantor, karakter C akan menanyakan menu apa yang paling banyak dibeli oleh pelanggan.

Karakter C juga akan menanyakan bahan apa saja yang digunakan dalam menu, bahkan ia akan menanyakan kandungan gizi yang ada didalamnya.

Sedangkan untuk dunia bisnis, karakter C jika dipaksakan untuk masuk ke 1 bagian saja, maka karakter C bisa dibagian finance & accounting karena sangat teliti dan teratur mengikuti prosedur.

Coba bayangkan jika Anda menempatkan orang yang tidak teliti di bagian ini saat rekrut karyawan!

Rahasia agar karyawan bekerja optimal adalah saat melakukan rekrut karyawan, pebisnis haruslah memahami karakter masing-masing karyawan dan menempatkannya di posisi yang tepat.

Bagaimana karyawan bekerja optimal jika pebisnis tidak melakukan proses rekrut karyawan yang benar?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *